Berita Fakultas

Visiting Lecture: Perbandingan Sistem Hukum oleh Lorenzo Nieuwenburg, LL.M. Image

Visiting Lecture: Perbandingan Sistem Hukum oleh Lorenzo Nieuwenburg, LL.M.

Pada hari Kamis, 2 November 2023, dosen Leiden University yang merupakan seorang ahli di bidang Filsafat Hukum (Philosophy of Law) dan Hukum Belanda, Lorenzo Nieuwenburg, LL.M., memberikan pemaparan mengenai Perbandingan Sistem Hukum di Universitas Atma Jaya Yogyakarta sebagai bagian dari kegiatan Visiting Lecture. 

Sesi materi dimulai dengan diskusi ringan dengan pengenalan dasar tentang latar belakang ilmu tentang perbandingan sistem hukum. Menurut pemaparan Lorenzo, setidaknya ada 2 hal penting yang menjadi dasar adanya kebutuhan untuk membandingan sistem hukum, yaitu untuk pengembangan sistem hukum di negara sendiri dan untuk kepentingan internasionalisasi dan harmonisasi hukum nasional dengan hukum internasional. Lorenzo menekankan bahwa penting bagi negara untuk menyelaraskan hukum nasional dengan hukum internasional dengan mencari unsur-unsur pembangun hukum yang sama antara kedua sistem tersebut. 

Pembahasan juga dilakukan untuk mengulas metodologi perbandingan sistem hukum yang memuat 4 cara, yaitu legal-dogmatik, sistematik, historis, dan sosiologis. Setelah itu, Lorenzo membawakan pembahasan mengenai beberapa kendala yang kerap dihadapi dalam melakukan studi perbandingan sistem hukum, seperti perbandingan antara sistem hukum yang berbeda (dalam konteks sistem hukum eropa kontinental dan anglo-saxon) dan pruralisme metodologi. Sesi diakhiri dengan pembahasan mengenai perbedaan mendasar antara sistem hukum eropa kontinental dan anglo-saxon disertai contoh produk hukum yang berlaku

  • Image

    Tim Multimedia Fakultas Hukum


    Student Staff Multimedia & Alih Bahasa Fakultas Hukum UAJY

Berita Terbaru

Lowongan Pekerjaan

Fakultas Hukum - Universitas Atma Jaya Yogyakarta
UPT - Fakultas Hukum 2024