Berita Fakultas

Tahun 2024 Mendatang Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta Akan Segera Membuka Program Kelas Internasional Image

Tahun 2024 Mendatang Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta Akan Segera Membuka Program Kelas Internasional

Pada hari Rabu (15/11/2023) Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta menyelenggarakan rapat internasionalisasi fakultas. Dalam rapat ini membicarakan tentang pembukaan kelas internasional (International Undergraduate Program). Rapat ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta, yaitu Prof. Dr. Theresia Anita Christiani, S.H., M.Hum.

Dalam pembukaan kelas Internasional ini, Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta sudah melakukan benchmarking, dan studi banding terkait pembukaan kelas internasional ke beberapa Universitas, seperti Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Islam Indonesia. Selain itu Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta sudah membuka beberapa kelas dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya, untuk langkah awal dalam menyelaraskan tujuannya yaitu membuka program kelas internasional. Kemudian selama Bulan Oktober – November 2023 yang lalu, Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta sudah beberapa kali menyelenggarkan program visiting lecturer dari dosen luar negeri.

Ibu sundari mengatakan, berdasarkan analisis SWOT yang sudah dilakukan, Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta sudah siap untuk membuka program kelas internasional dalam waktu satu tahun dan secara bertahap. Program kelas internasional ini sudah bisa dibuka pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Program studi yang akan dibuka terlebih dahulu adalah untuk program studi S1, kemudian akan dilanjtukan ke jenjang S2 apabila pembukaan kelas internasional ini berjalan dengan lancar.

“Berdasarkan analisis SWOT yang kita lakukan, kita sudah bisa melakukan kelas internasional pada tahun 2024. Dalam mendukung pembukaan kelas internasional ini, kita akan mengadakan program kursus yang ditujukan sebagai penunjang untuk membuka kelas internasional, dalam program ini tidak akan berhenti pada dua bulan saja namun akan secara bertahap dan berkelanjutan. Saya setuju bahwa kemampuan Dosen bukan persoalan Bahasa Inggris saja, namun Bahasa Inggris Hukum juga penting untuk dasar pembuatan kelas internasional ini. Kita juga sangat setuju apabila ada penerapan IELTS minimal dengan nilai 7. Pembukaan kelas internasional ini tidak hanya persoalan bahasa saja, namun ada kurikulum tersendiri misalnya di UGM aspek internasionalnya adalah literatur dengan bahasa asing, berfokus pada komparasi, dan melihat isu-isu internasional yang ada. Program unggulan yang akan kita buka antara lain Students Exchange, Double Degree, International Internship, Lecturer Exchange, Short Term Academic Program.” Ucap Ibu Sundari

Untuk melancarkan program internasionalisasi ini, Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta memfokuskan untuk bekerja sama dengan Universitas di kawasan Asia Tenggara. Namun untuk saat ini, Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta sudah bekerja sama dengan beberapa Universitas seperti Pazmany Peter Catholic University, dan Afyon Kocatepe University. Selain itu, untuk menunjang program kelas internasiona ini, akan dibuat modul untuk kelas internasional, dengan dibantu oleh KPBB, baik untuk Dosen untuk program mengajar, dan tenaga kependidikan untuk urusan administrasi seperti surat menyurat. Program kursus ini akan diselenggarakan untuk Bulan Desember sampai dengan Januari. Kemudian dilanjutkan dengan perilisan berita terkait program internasionalisasi ini melalui website FH UAJY.

  • Image

    Tim Multimedia Fakultas Hukum


    Student Staff Multimedia & Alih Bahasa Fakultas Hukum UAJY

Berita Terbaru

Lowongan Pekerjaan

Fakultas Hukum - Universitas Atma Jaya Yogyakarta
UPT - Fakultas Hukum 2024