Berita Fakultas

Research Day-Camp FH UAJY Image

Research Day-Camp FH UAJY

Rabu (01/11) lalu, Fakultas Hukum Universita Atma Jaya Yogyakarta menggelar agenda rutinnya yang dilakukan setiap bulan, yakni research day. Agenda yang diadakan pada siang bolong di Ruang RKF ini dilaksanakan dalam rangka pendampingan pengajuan proposal penelitian bagi dosen-dosen FH UAJY.

Dalam kegiatan rutin ini, Bu Sundari, selaku Ketua Tim Dekanat FH UAJY, menyampaikan bahwa salah satu dari empat nilai UAJY, yakni Unggul, merupakan onderdil dalam melaksanakan proses penilaian ulang kualitas dan kualifikasi program studi untuk mendapatkan peringkat akreditasi yang lebih baik. Nilai Unggul dalam reakreditasi FH UAJY ini harus senantiasa dipertahankan dan menjadi unsur yang bersifat primer bagi  dosen ketika menyusun penelitian-penelitiannya.

Tujuan Research Day-Camp ini untuk menawarkan bantuan kosnultasi hingga proposal jadi (oleh reviewer) dan bantuan penyusunan jurnal nasional. Bu Sundari mengajak para dosen untuk memenuhi kewajiban Tri Dharma-nya masing-masing untuk menginisiasi kerja sama dalam ruang lingkup pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian, dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Dalam pemaparan materi research day, ada beberapa format dan skema yang dipaparkan oleh Bu Sundari guna membantu para dosen memahami job desk dan meningkatkan efektivitasnya. Roadmap yang ditulis di dalam satu penelitian bisa ditulis oleh lebih dari satu dosen. Masing-masing dosen bisa saling bahu-membahi sesuai dengan kajiannya masing-masing. Dengan kata lain, roadmap ini harus sesuai dengan arah penelitiannya masing-masing. Bila seorang dosen meneliti umpamanya mengenai kesulitan dalam memperoleh medical record untuk bukti klaim malpraktek beserta solusinya. Salah satu dosen bisa meneliti dari aspek hukum acaranya, sementara dosen lain meneliti dari hak milik rumah sakit atau hak milik pasien.

Sebelum menutup acara tersebut. Bu Sundari mengingatkan kembali para dosen untuk melaksanakan kewajiban khususnya berupa pembuatan jurnal serta pembuatan list penyusunan proposal penelitian masing-masing guna meningkatkan peringkat akreditasi kampus FH UAJY yang lebih baik.

  • Image

    Tim Multimedia Fakultas Hukum


    Student Staff Multimedia & Alih Bahasa Fakultas Hukum UAJY

Berita Terbaru

Lowongan Pekerjaan

Fakultas Hukum - Universitas Atma Jaya Yogyakarta
UPT - Fakultas Hukum 2024