Berita Fakultas

Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Theresia Anita Christiani, S.H., M.Hum. Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta Image

Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Theresia Anita Christiani, S.H., M.Hum. Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Segenap civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta mengucapkan selamat dan sukses kepada Prof. Dr. Theresia Anita Christiani, S.H., M.Hum. atas Pengukuhan Guru Besar Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada Selasa (25/06/2024) di Gedung Student Center Kampus II Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Acara tersebut dihadiri oleh jajaran rektorat, pengurus Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta, civitas akademika Universitas Atma Jaya Yogyakarta, para Guru Besar dari berbagai universitas di Indonesia, kerabat, serta para tamu undangan. 

Dalam pidato Pengukuhan Guru Besar tersebut, Prof. Anita menyampaikan pidato bertema “Artificial Intelligence dalam Perbankan di Indonesia dari Perspektif Hukum dan Etika”. Tema ini berbicara mengenai dampak positif dan negatif dari Artificial Intelligence (AI) yang belum memiliki pengaturan khusus dalam kegiatan ekonomi manusia. Dalam praktik penggunaan, AI memberikan kemanfaatan antara lain, AI dapat meminimalisasi risiko penipuan, menganalisis kebutuhan nasabah di lembaga perbankan, menggantikan PIN dan password sebagai metode otentifikasi supaya lebih aman dan sulit untuk diretas. Walaupun terdapat berbagai macam kelebihan, AI tidak dapat dipersonifikasikan menjadi subyek hukum apabila menimbulkan masalah mengenai akurasi dan keamanan data yang melanggar moral. Selain itu, belum adanya hukum dalam kegiatan perbankan yang mengatur mengenai aturan tentang AI.

"Maka, pengaturan operasional AI di bidang perbankan supaya dapat diaplikasikan secara optimal dan berdaya guna sehingga tujuan hukum dapat diwujudkan harus didasarkan pada nilai-nilai moral, substansi yang berorientasi pada asas keseimbangan, dan budaya hukum." tutup Prof. Anita dalam pidato atas pengukuhannya sebagai Guru Besar Universitas Atma jaya Yogyakarta.

 

  • Image

    Tim Multimedia Fakultas Hukum


    Student Staff Multimedia & Alih Bahasa Fakultas Hukum UAJY

Berita Terbaru

Lowongan Pekerjaan

Fakultas Hukum - Universitas Atma Jaya Yogyakarta
UPT - Fakultas Hukum 2024