Berita Fakultas

Pembacaan Visi-Misi Pimpinan Sidang Baru dan Pemilihan Pimpinan Sidang Baru Image

Pembacaan Visi-Misi Pimpinan Sidang Baru dan Pemilihan Pimpinan Sidang Baru

KOBAR EPHA

Koran Selembar Dari Pojok Kampus

Inilah koran jang berhemboes dari podjok kampoes, melewati setiap lorong-lorong, setiap dinding-dinding, setiap kelas-kelas yang disebut embrio kemadjoean. Inilah hikajat tentang kampoes FH UAJY

 

Pembacaan Visi-Misi Pimpinan Sidang Baru dan Pemilihan Pimpinan Sidang Baru

Kamis (30/11/2023) bulan lalu, Badan Perwakilan Mahasiswa kembali menyelenggarakan Rapat Umum Mahasiswa (RUM) dengan agenda yang bertajuk, “Pembacaan Visi-Misi Pimpinan Sidang Baru dan Pemilihan Pimpinan Sidang Baru” yang diadakan di Ruang 311. Dalam pemilihan sidang kali ini diikuti oleh tiga calon Pimpinan Sidang yang semuanya berasal dari mahasiswa Fakultas Hukum angkatan 2021 yaitu, Rafael Felix Kurniawan, David Brilly Karungu, dan Anthonia Maria Gadidjou. 

Ketiga kandidat tersebut memaparkan visi-misinya sebagai calon Pimpinan Sidang 2023/2024 di depan peserta RUM secara bergantian. Adapun visi-misi yang mereka sampaikan adalah sebagai berikut:

 

  1. Rafael Felik:

Visi

"Mewujudkan Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang unggul, berintegritas, kritis, dan paham dalam hal sikap bertanggung jawab serta sadar hukum di lingkungan kampus maupun di masyarakat.”

Misi

  • Mengedepankan keadilan dan kepatuhan hukum.

Menjunjung tinggi prinsip keadilan dan kepatuhan hukum dalam setiap keputusan dan tindakan yang diambil oleh lembaga sidang, dengan memastikan hak-hak semua pihalk dihormatik

  • Melaksanakan kewajiban dan pelayanan yang berkualitas.

Memberikan pelayanan hukum yang profesional, akurat, dan tepat waktu kepada Mahasiswa Fakultas Hukum dengan mengutamakan ke-independenitas, integritas, dan etika.

  • Memastikan transparansi dan akuntabilitas.

Menjaga transparasi dan akuntabilitas dalam semua aspek, termasuk pengelolaan keuangan, pengambilan keputusan, dan pelaporan kegiatan

 

  1. David Brilly Karungu 

Visi:

“Menjadikan RUM sebagai alat komunikasi antara mahasiswa dalam bentuk forum diskusi dan wadah ide aspirasi untuk seluruh Mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta”.

Misi:

  • Pengembangan profesionalisme

Memberikan platform untuk pengembangan profesionalisme mahasiswa melalui diskusi

  • Keterlibatan aktif

Mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam Rapat Umum Mahasiswa (RUM) untuk membangun keterampilan komunikasi dan kepemimpinan

 

  1. Anthonia Maria Gadidjou 

Visi:

“Menjadi Pemimpin Sidang yang berkualitas dengan menjalankan tugas, wewenang dan tanggung jawab sebaik-baiknya dengan profesional dan transparan.” 

Misi:

  • Mendorong inklusivitas

Memastikan bahwa setiap suara dalam Rapat Umum Mahasiswa didengar dan dihargai, serta menciptakan lingkungan yang menerima keberagaman ide dan pendapat

  • Peningkatan proses pengambilan keputusan

Mengoptimalkan proses pengambilan keputusan dalam Rapat Umum Mahasiswa secara transparasi dan responsif terhadap aspirasi Mahasiswa.

 

Sistem pemilihan Pimpinan Sidang menggunakan cara voting atau pemungutan suara dengan suara terbanyak. Proses pemilihan Pimpinan Sidang dipandu oleh Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) dan berlangsung dengan lancar. 

Pemilihan Pimpinan Sidang dilakukan sebanyak dua kali putaran. Pemilihan pertama diselenggarakan untuk memilih Pimpinan Sidang 1, kemudian pemilihan Pimpinan Sidang yang kedua diselenggarakan untuk memilih Pimpinan Sidang 2, dan diikuti dengan Pimpinan Sidang 3 berdasarkan suara terbanyak kedua. 

Pemilihan Pimpinan Sidang putaran pertama dimenangkan oleh David Brilly Karungu dengan total perolehan suara sebanyak 38 suara, diikuti oleh Anthonia Maria Gadidjou dengan total perolehan 26 suara, dan Rafael Felix Kurniawan dengan total perolehan 17 suara. Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Pimpinan Sidang putaran kedua yang dimenangkan oleh Rafael Felix Kurniawan dengan total perolehan suara sebanyak 53 suara, dan Anthonia Maria Gadidjou dengan total perolehan 32 suara.

Dengan total suara yang telah diperoleh oleh Pimpinan Sidang 1 yaitu David Brilly Karungu sebanyak 38 suara pada pemilihan Pimpinan Sidang putaran pertama, dan total suara Pimpinan Sidang 2 pada pemilihan putaran kedua sebanyak 53 suara oleh Rafael Felix Kurniawan. Ini menjadikan Anthonia Maria Gadidjou menjadi Pimpinan Sidang 3 dengan perolehan sebanyak 32 suara dari keseluruhan total Pemilih yang mengikuti RUM.

Dengan terpilihnya Pimpinan Sidang yang baru, David Brilly Karungu sebagai Pimpinan Sidang 1 terpilih memberikan sebuah pesan penutup di akhir acara, “Inilah hasil dari demokrasi kita, apa yang menjadi kepentingan teman-teman merupakan kepentingan kami juga.” pungkas David Brilly.

RUM #3 berjalan dengan kondusif dan semua bangku kali ini terlihat terisi penuh oleh mahasiswa FH UAJY.

 

Oleh: LPM das Sein FH UAJY

 

  • Image

    Tim Multimedia Fakultas Hukum


    Student Staff Multimedia & Alih Bahasa Fakultas Hukum UAJY

Berita Terbaru

Lowongan Pekerjaan

Fakultas Hukum - Universitas Atma Jaya Yogyakarta
UPT - Fakultas Hukum 2024