Berita Fakultas

Membangun Generasi Unggul melalui Pendidikan Anti-Korupsi:  Tanggung Jawab bersama untuk Masa Depan yang Integritas Image

Membangun Generasi Unggul melalui Pendidikan Anti-Korupsi: Tanggung Jawab bersama untuk Masa Depan yang Integritas

Komunitas Anti-Korupsi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KOMUTASI UAJY) berkolaborasi bersama Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan Universitas Sanata Dharma, (BEM FKIP SADHAR) dengan mengadakan acara seminar yang terbuka untuk umum dengan tema, "Membangun Generasi Unggul Melalui Pendidikan Antikorupsi: Tanggung Jawab Bersama Untuk Masa Depan Yang Integritas", di Ruang Seminar Driyarkara, Kampus II Universitas Sanata Dharma, pada hari Sabtu (23/03). Acara seminar kolaborasi ini menghadirkan dua pembicara, yakni, Romo Patrisius M Andalas, Sj.,S.S., S.T.D. sebagai pembicara pertama dan Dr. W. Riawan Tjandra, S.H., M.Hum., sebagai pembicara kedua. Kegiatan ini dihadiri oleh Drs. Tarsisius Sarkim M.Ed., Ph.D. sebagai Dekan FKIP USD, Dr. Cornelio Purwantini, S.Pd. selaku Wakil Dekan II FKIP USD, dan Bapak Bonaventura Pradana S.H, M.H. sebagai dosen perwakilan dari FH UAJY. Dalam acara ini turut mengundang juga tiga tamu dari kalangan pelajar, yakni: Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Bopkri 1 Yogyakarta, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Yogyakarta, dan Sekolah Menengah Atas Bopkri 2 Yogyakarta yang diwakilkan oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) beserta guru-guru pendampingnya.

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum mengenai berbagai macam fenomena korupsi yang biasa terjadi di dalam sektor pendidikan. Materi yang diangkat menyentuh berbagai lapis strata sosial, dari tingkat pelajar, mahasiswa, tenaga pendidik, hingga selevel pejabat di bidang pendidikan. Tema dalam acara seminar ini pun ditujukan untuk meningkatkan kesadaran sikap anti-korupsi di kalangan pelajar, mahasiswa, dan tenaga pendidik, serta mendorong penerapan nilai-nilai integritas dan etika dalam dunia pendidikan. Dalam pembahasan tema seminar tersebut, Romo Andalas dan Pak Riawan menekankan bahwa fenomena korupsi yang sedang ramai ialah fenomena korupsi nilai dalam dimensi politik, khususnya pada proses Pemilu 2024 yang lalu. Sebagaimana dalam penyampaian materi yang diberikan Pak Riawan mendiskusikan bahwa saat ini bukan hanya etika yang sudah dikorupsi melainkan asas-asas umum pemerintahan yang baik atau good government yang bersih dari Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN) juga telah dilanggar. Selain itu, Romo Andalas juga mengingatkan mengenai pentingnya nilai-nilai anti-korupsi di dunia pendidikan yang kelak dapat menimbulkan generasi-generasi yang anti terhadap segala bentuk dan kecenderungan koruptif.

Dalam seminar kolaborasi ini, pihak penyelenggara berharap apabila jalinan relasi antar antara KOMUTASI UAJY dan BEM FKIP SADHAR bisa semakin erat dan berkesinambungan dalam membuat program kerjasama dengan konsep yang lebih kreatif, serta memiliki komitmen untuk menyebarkan sembilan nilai anti-korupsi secara tepat sasaran dan bersama-sama. Adapun pihak dari tamu undangan berharap bahwa kegiatan seminar semacam ini bisa diadakan secara rutin untuk menyadarkan masyarakat khususnya kalangan terdidik dan tenaga pendidik mengenai urgensi sikap anti-korupsi.

Semangat selalu rekan-rekan KOMUTASI UAJY!!! Jadilah Garam dan Terang bagi Dunia!! 

 

  • Image

    Tim Multimedia Fakultas Hukum


    Student Staff Multimedia & Alih Bahasa Fakultas Hukum UAJY

Berita Terbaru

Lowongan Pekerjaan

Fakultas Hukum - Universitas Atma Jaya Yogyakarta
UPT - Fakultas Hukum 2024