Berita Fakultas

Mahasiswa PT APTIK sebagai Agen Perubahan Transformatif Image

Mahasiswa PT APTIK sebagai Agen Perubahan Transformatif

Permasalahan kepemimpinan, khususnya di kalangan mahasiswa, merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam rangka menjaga keberlangsungan organisasi mahasiswa (ormawa). Berkaca dari realita yang ada di kampus-kampus akhir-akhir ini, termasuk kampus-kampus anggota Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (APTIK), diperoleh data mengenai rendahnya minat mahasiswa untuk berorganisasi, khususnya juga untuk terlibat sebagai pemimpin ormawa. Maka kampus-kampus APTIK perlu meyakinkan bahwa identitas sebagai orang katolik sudah ditanamkan dalam diri kaum muda yang sedang menjalankan tugas sebagai mahasiswa di PT APTIK dan siap menjadi pemimpin-pemimpin masa depan.   

Dalam rangka meningkatkan kemampuan kepemimpinan bagi mahasiswa di perguruan tinggi anggota APTIK, maka Jaringan Kemahasiswaan APTIK mengadakan acara pelatihan kepemimpinan yang diselenggarakan di Panti Semedi Wisma P.T.P.M Jl. Sosrowijayan Wetan Gg. 1 Jl. Sosrowijayan GT I No.112, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta yang berlangsung pada tanggal 30 Mei s.d 1 Juni 2024 dengan tema “Mahasiswa PT APTIK sebagai Agen Perubahan Transformatif”. Berkenaan dengan hal tersebut, Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta mengirimkan Andi Harunsyah Peter Noel Weenas (Angkatan 2022) untuk terlibat dalam acara yang bersangkutan sebagai perwakilan dari Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Acara ini diarahkan oleh Agustinus Widyaputranto, M,Si (Direktur Program APTIK) dan Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph.D. (Koordinator JAKA APTIK) sebagai penanggungjawab. Adapun yang menjadi fasilitator dan konseptor pada acara ini antara lain: Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph.D (Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta), Dr. Yohana Titik Kristiyani, M.Psi., Psikolog (Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta), Dr. Siswanto, M.Si., Psikolog (Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang), Dr. F.V. Lanny Hartanti, S.Si., M.Si. (Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya), Sr. Maria Erna, CB (Universitas Santo Borromeus, Bandung), Ignatia Rembet (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Maria)

Tujuan acara ini antara lain adalah untuk membantu peserta lebih mengenali dan menerima diri,  meningkatkan kapasitas peserta sebagai pribadi yang berkarakter positif, meningkatkan ketajaman analisis sosial peserta, serta membekali peserta keterampilan sebagai pembawa perubahan transformatif dalam lingkungannya. Materi utama dalam kegiatan pelatihan ini adalah “Penguatan Karakter Personal”, “Analisis Sosial”, dan “Agen Perubahan”.

Acara ini diikuti oleh tiga belas perguruan tinggi. Dengan berlangsungnya acara ini, harapannya mahasiswa APTIK dapat mengambil perannya sebagai agen perubahan transformatif menjadi pemimpin-pemimpin masa depan, yang tidak hanya terampil memenuhi berbagai persyaratan sebagai pemimpin yang baik, tetapi juga mampu merepresentasikan diri sebagai anggota gereja yang bertanggung jawab. 

  • Image

    Tim Multimedia Fakultas Hukum


    Student Staff Multimedia & Alih Bahasa Fakultas Hukum UAJY

Berita Terbaru

Lowongan Pekerjaan

Fakultas Hukum - Universitas Atma Jaya Yogyakarta
UPT - Fakultas Hukum 2024