Berita Fakultas

Lokakarya Jurnalistik & Peluncuran Majalah Buletin Edisi April Lembaga Pers Mahasiswa das Sein 2024 Image

Lokakarya Jurnalistik & Peluncuran Majalah Buletin Edisi April Lembaga Pers Mahasiswa das Sein 2024

Salah satu lembaga tinggi di Fakultas Hukum Universitas Atma jaya Yogyakarta, yakni, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) das Sein, menyelenggarakan acara lokakarya jurnalistik dengan mengusung tema “Jurnalisme Makna” dan sekaligus peluncuran Majalah Buletin edisi April 2024 yang berjudul “Arus Balik”. Dalam penyelenggaraan acara tersebut, LPM das Sein bekerja sama dengan Ikatan Alumni Fakultas Hukum (IKAHUM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (dalam hal ini ialah Bapak Jati Utomo Setiawan, S.H. dan Bapak Haposan S.H). Acara ini menggandeng dua sponsor, yakni: PT. Kanisius dan Perdipe Coffee. Pelatihan jurnalistik tersebut berlangsung selama dua hari di Gedung Santo Alfonsus, Ruang Konferensi (RKF) pada tanggal 5 April s.d 6 April 2024, pekan lalu. 

Lokakarya jurnalistik ini menghadirkan Bapak Bima Baskara Sakti sebagai narasumber yang merupakan seorang Peneliti Jurnalis KOMPAS pada tahun 2004 s.d 2021. Acara ini dihadiri oleh Prof. Dr. Th. Christiani, S.H., M.Hum. selaku Dekan FH UAJY dan para tamu undangan dari Ikatan Alumni Fakultas Hukum (IKAHUM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pada kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut, LPM das Sein turut mengundang perwakilan departemen/divisi dari beberapa Lembaga Semi Otonom (LSO), seperti Departemen Riset dari Komunitas Debat dan Riset Mahasiswa (KDRM); Divisi Investigasi dan Observasi Hukum dari Rechtspraak Veritatis (RV); Departemen Kajian dan Penelitian dari Komunitas Mahasiswa Anti Korupsi (KOMUTASI); serta Departemen Kajian dan Aksi Strategis dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FH UAJY).

Tujuan diselenggarakannya acara Lokakarya Jurnalistik dan Peluncuran Majalah Buletin ini untuk memberikan pengetahuan dan lokakarya kepada mahasiswa/i FH UAJY untuk memahami proses investigasi, arti penting jurnalisme makna, serta membantu peserta dalam membuat struktur berpikir dalam penyusunan tulisan ketika mencermati suatu fenomena atau gejala sosial. 

Selain itu, peluncuran Majalah Buletin LPM das Sein Edisi April dengan tajuk, “Arus Balik” ini mengajak setiap manusia, khususnya mahasiswa/i FH UAJY untuk memutar kembali jarum jam: kembali memasuki diri sendiri untuk bebenah diri atau refleksi diri. Karena barangkali ada banyak hal yang luput manusia pikirkan dalam planalogi mereka, sehingga manusia sangat mudah untuk terpeleset dalam kekeliruan berpikir dan keputusan hidupnya.

Acara ini ditutup dengan penyerahan Majalah Buletin LPM das Sein Edisi April kepada narasumber, perwakilan dari IKAHUM, dan kepada Ibu Dekan FH UAJY dan disusul dengan sesi foto bersama.

Intan Florenchia dan Richard Kho selaku Ketua Pelaksana Lokakarya Jurnalistik dan Ketua Pelaksana Majalah LPM das Sein edisi April 2024 mengucapkan banyak terima kasih dan memberikan apresiasi yang besar kepada semua rekan-rekan panitia, Bapak Jati sebagai perwakilan dari IKAHUM, peserta, pembicara, dan pihak-pihak sponsor yang telah mendukung acara ini. LPM das Sein juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh divisi, teman-teman Lembaga Semi Otonom (LSO), serta kepada kedua dosen muda FH UAJY, yakni, Ibu Ratna dan Ibu Etty yang bersedia menyempatkan waktunya ditengah kesibukan sehari-hari sebagai kontributor.

Kenalilah Fakta dan Gunakanlah Nurani. 

 

Link majalah:

https://drive.google.com/drive/u/1/folders/1mOSqkexZ_h-CvwOvNVwzj1D3NObXYSQw

 

  • Image

    Tim Multimedia Fakultas Hukum


    Student Staff Multimedia & Alih Bahasa Fakultas Hukum UAJY

Berita Terbaru

Lowongan Pekerjaan

Fakultas Hukum - Universitas Atma Jaya Yogyakarta
UPT - Fakultas Hukum 2024