Berita Fakultas

Kampanye Calon Peserta PEMILWA untuk BEM FH UAJY  Periode 2024/2025 Image

Kampanye Calon Peserta PEMILWA untuk BEM FH UAJY Periode 2024/2025

  Dalam rangka melaksanakan kegiatan Pemilihan Mahasiswa Umum (PEMILWA) untuk pemilihan Calon Ketua dan Calon Sekjen Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta periode 2024/2025. Agenda PEMILWA ini diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Mahasiswa (KPM) dengan Panitia Peserta Pemilihan Mahasiswa (P3M). Jumat, (16/06) kemarin, telah berlangsung agenda kampanye oleh peserta PEMILWA untuk maju menjadi Ketua dan Sekretaris Jenderal pada kursi BEM FH UAJY periode 2024/2025 mendatang. Kegiatan berlangsung selama berjalannya aktivitas dan civitas kampus dan disaksikan oleh berbagai mahasiswa umum.

  Kegiatan kampanye tersebut dilakukan di dalam Gedung Santo Alfonsus dengan mengitari lantai setiap lantai Kampus 1, kemudian berkumpul di tengah taman untuk melakukan orasi. Agenda orasi tersebut terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dilakukan oleh Pasangan Calon nomor urut 01, yakni Rafael Felix (Calon Ketua BEM FH UAJY 2024/2025) dan Efraim Yehuda (Calon Sekjen BEM FH UAJY 2024/2025) pada pukul 11.31 s.d 12.50. Kemudian disusul oleh paslon nomor urut 02, yakni Syafiqah Imani (Calon Ketua BEM FH UAJY periode 2024/2025) dan Luios Andre (Calon Sekjen BEM FH UAJY 2024/2025) pada pukul 14.31 s.d 15.40. 

  Orasi dimulai dengan mendeklarasikan Paslon 01 dan pemaparan visi misinya. Secara garis besar, muatan orasi Paslon 01 ialah menyerukan tentang perubahan. Apabila kabinetnya terpilih maka mereka akan mendobrak sistem yang ada. Berikut merupakan beberapa poin penting yang disorot dalam orasi kampanye tersebut, antara lain:

  • Mengangkat Pesta Rakyat Merican dengan konsep yang akademis. 

  • Rajin mengadakan konsolidasi

  • Menginfokan beasiswa 

  • Memaparkan bahwa BEM sudah bergeser dan akan meluruskan kembali dengan kabinet mereka.

  • Orasi mengenai "politik kampus dikuasai segelintir orang" 

  • Mengundang teman-teman FH UAJY untuk menggunakan hak suaranya dengan baik.

  Pada Paslon 02, secara garis besar, menyerukan untuk menghilangkan segala bentuk diskriminasi, dan rasisme. Sehingga dengan diwujudkannya hal tersebut kedepannya bisa bersama mewujudkan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menuju yang lebih baik. 

 Luios Andre, selaku Calon Sekretaris Jenderal Badan Eksekutif Mahasiswa dari paslon 02 menyoroti tiga hal yang menjadi fokus utamanya apabila paslon 02 berhasil menjabat kursi eksekutif tersebut, yaitu:

  • Mengakomodasi, sekaligus menjadi wadah bagi Mahasiswa FH UAJY

  • Mempererat hubungan antar Mahasiswa FH UAJY

  • Bersama membangun BEM FH UAJY yang lebih kuat, serta responsif untuk kebutuhan Mahasiswa.

 

Visi Misi Pasangan Calon PEMILWA

Paslon 01:

Visi: 

Menciptakan BEM FH UAJY yang demokratis dan profesional sebagai wadah kontribusi bagi Seluruh Lembaga FH UAJY, yang menjalankan tugas, pokok, dan fungsi secara dedikatif, aspiratif, inklusif, dan integratif demi terciptanya harmonisasi dan sinkronisasi.

Misi:

  1. Meningkatkan kemampuan sumber daya BEM dan Mahasiswa FH UAJY yang inklusif, humanis, dan berintegritas dengan menciptakan birokrasi yang sehat serta adil, untuk menunjang seluruh aspirasi Lembaga FH UAJY. 

  2. Melakukan pengoptimalan keberagaman sebagai sebuah fundamen untuk berpartisipasi dalam berdinamika secara integratif dan demokratis. 

  3. Meningkatkan, memfasilitasi, dan mengakomodir pengembangan diri seluruh mahasiswa FH UAJY baik dari segi akademis maupun non–akademis. 

  4. Menjadikan BEM FH UAJY sebagai lembaga advokasi bagi lembaga dan mahasiswa FH UAJY. 

 

Paslon 02

Visi:

Menjadikan BEM sebagai lembaga yang inklusif, inovatif, humanis, dan responsif dalam mendukung pengembangan mahasiswa fakultas hukum secara menyeluruh, baik dalam bidang akademik maupun non akademik, untuk menciptakan generasi hukum yang berkontribusi positif bagi masyarakat dan menjadi wadah untuk menaungi seluruh bagian dalam FH UAJY.

Misi:

  1. Mendukung prestasi akademik dalam menjalankan misi ini kami akan mendorong dengan program kerja yaitu SERUNI (Seminar Bersama Alumni), Pelatihan bersama lembaga hukum yang berfokus pada peningkatan akademik dan profesional mahasiswa, dan kami akan membuat perlombaan akademik (dengan ini kami menjalin kerjasama dengan LSO).

  2. Mengembangkan Keterampilan non-akademik dapat diwujudkan dalam perlombaan-perlombaan olahraga serta kesenian, dan kepanitiaan-kepanitiaan untuk melatih dan mengasah jiwa kepemimpinan.

  3. Meningkatkan empati dan berjiwa sosial diwujudkan dengan program kerja bakti sosial dan membuat forum dukungan terhadap mahasiswa yang menjadi korban perundungan dan kekerasan fisik, non fisik, kekerasan seksual verbal, non verbal. 

  4. Membangun jaringan dan kolaborasi Kami akan menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga hukum untuk memberikan kesempatan magang, penelitian, dan pengembangan karir bagi mahasiswa, serta bekerja sama dengan bagian dalam kampus sendiri yaitu LSO, UKF, maupun OPP. Implementasinya dengan penambahan divisi atau departemen yang berfokus untuk mengurusi jaringan jaringan diluar FH UAJY dan di dalam FH UAJY itu sendiri. 

  5. Proker dan Indikator Efektivitas:

  • SERUNI (Seminar Bersama Alumni), Pelatihan-pelatihan hukum, “Hukum Ceria” , Safe Heaven Forum (Forum Dukungan), Bakti Sosial, LawFit Cup, Perlombaan Akademik seperti perlombaan debat dan peradilan semu antar universitas, PRM.

  • Indikator Efektivitas dari Visi Misi: Pemahaman Program, Ketepatan Sasaran, Tercapai Tujuan, dan Perubahan Nyata.

 

  • Image

    Tim Multimedia Fakultas Hukum


    Student Staff Multimedia & Alih Bahasa Fakultas Hukum UAJY

Berita Terbaru

Lowongan Pekerjaan

Fakultas Hukum - Universitas Atma Jaya Yogyakarta
UPT - Fakultas Hukum 2024