Berita Fakultas

Diskusi Tata Kelola Institusi dan Pendandatanganan Perjanjian Kerja Sama antar FH UAJY dan FH UNPAR Image

Diskusi Tata Kelola Institusi dan Pendandatanganan Perjanjian Kerja Sama antar FH UAJY dan FH UNPAR

FH UAJY – Jumat (8/3/2024) Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta menyelenggarakan diskusi tentang tata kelola institusi dengan mengundang Dr. R. B. Budi Prastowo, S.H., M.H selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan. Diskusi yang diselenggarakan di Ruang Akreditasi tersebut diikuti oleh kurang lebih 20 (dua puluh) dosen. Dalam acara kali ini memiliki dua agenda yaitu diskusi mengenai tata kelola institusi, sekaligus penandatangan perjanjian kerja sama antara Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (“FH UAJY”) dengan Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (“FH UNPAR”).


Tata Kelola Institusi 
Dalam sharing session mengenai Tata Kelola Institusi, Bapak Budi selaku Dekan FH UNPAR membuka pembicaraan dengan menceritakan struktur kepengurusan fakultas di UNPAR yang terdiri dari Dekan dan Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi. Selain itu, Bapak Dr. R. B. Budi Prastowo, S.H., M.H juga menjelaskan mengenai keberadaan dosen-dosen yang sedang menempuh S3 dan dosen-dosen yang memasuki usia pensiun. FH UNPAR melakukan strategi sedemikian rupa sehingga produktivitas Tridharma Perguruan Tinggi FH UAJY dapat berjalan maksimal melalui pemetaan dosen-dosen yang ada. 


Sesi mengenai Tata Kelola Institusi ini berjalan sangat lancar dan mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para dosen FH UAJY. Beberapa dosen FH UAJY mengajukan pertanyaan seputar tata kelola Institusi FH UNPAR, kemudian Bapak Dr. R. B. Budi Prastowo, S.H., M.H memberikan feedback dan masukan-masukan untuk FH UAJY. Masukan-masukan tersebut menjadi pertimbangan bagi FH UAJY untuk melakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan kedepannya.


Penandatangan Perjanjian Kerja Sama

Selain melaksanakan diskusi mengenai Tata Kelola Institusi, FH UAJY dengan FH UNPAR juga melaksanakan penandatangan Perjanjian Kerja Sama. Pertama yaitu Perjanjian Kerja Sama antara FH UAJY dengan FH UNPAR mengenai kerja sama kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Diharapkan melalui Perjanjian Kerja Sama ini dapat meningkatkan sinergitas antara kedua Institusi dalam bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. 


Selain Perjanjian Kerja Sama terkait Tridharma, terdapat dua dokumen lagi yang ditandatangani yaitu Implementation Arrangements Program Studi Sarjana Hukum FH UAJY dengan Program Studi Sarjana Hukum FH UNPAR serta Implementation Arrangements Program Studi Magister Hukum FH UAJY dengan Program Studi Magister Hukum FH UNPAR.  Implementation Arrangements ini disusun berdasarkan Perjanjian Kerja Sama antara FH UAJY dan FH UNPAR. Kegiatan yang menjadi objek kerja sama yaitu mulai dari penyelenggaraan kegiatan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sampai dengan peningkatan kualitas sumber daya dosen maupun tenaga kependidikan. Khususnya di dalam Perguruan Tinggi Hukum yang masuk dalam APTIK (Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik Indonesia) dapat meningkatkan kerjasama di bidang Tridharma Perguruan Tinggi sehingga pengembangan dan spesialisasi dosen di setiap Perguruan Tinggi bisa terbentuk dengan baik dan saling menguatkan di antara para pihak.


Dr. R. B. Budi Prastowo, S.H., M.H selaku Dekan FH UNPAR dan Prof. Dr. Theresia Anita Christiani, S.H., M.Hum selaku Dekan FH UAJY berharap melalui kegiatan yang dilaksanakan ini dapat meningkatkan mutu pendidikan kedua Institusi melalui implementasi-implementasi yang nyata.

  • Image

    Tim Multimedia Fakultas Hukum


    Student Staff Multimedia & Alih Bahasa Fakultas Hukum UAJY

Berita Terbaru

Lowongan Pekerjaan

Fakultas Hukum - Universitas Atma Jaya Yogyakarta
UPT - Fakultas Hukum 2024