Berita Fakultas

Diskusi Community Service Bersama Prof. Jurgen Mengenai “The Systematic Perspective of Common Law Legal Traditional” Image

Diskusi Community Service Bersama Prof. Jurgen Mengenai “The Systematic Perspective of Common Law Legal Traditional”

   Kamis, (25/7) Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FH UAJY) telah menyelenggarakan kegiatan International Community Services dengan topik “The Systematic Perspective of Common Law Legal Traditional”. Diskusi ini mengundang Prof. Dr. Jurgen Brohmer dari Murdoch University, Australia sebagai narasumber. Meskipun Prof. Jurgen telah mengajar di Murdoch University Australia yang menganut sistem hukum common law selama bertahun-tahun, sesungguhnya beliau berasal dari negara Jerman yang menganut sistem hukum civil law. Hal ini tentu memperkaya pengetahuannya mengenai kedua sistem hukum tersebut. Kegiatan yang berlangsung dari jam 11.00 - 12.30 ini diadakan di Ruang Akreditasi Kampus 1 FH UAJY dan dihadiri oleh Prof. Dr. Theresia Anita Christiani, S.H., M.Hum. selaku Dekan FH UAJY, Dr. V. Hari Supriyanto, S.H., M.Hum. selaku Wakil Dekan I FH UAJY, Dr. G. Widiartana, S.H., M.Hum. selaku Wakil Dekan II FH UAJY, dan sejumlah dosen Fakultas Hukum UAJY. 

  Dalam pemaparannya, Prof. Jurgen berpendapat bahwa terdapat persamaan dalam penerapan common law system dan civil law system. Hal ini dikarenakan dalam proses pengambilan putusan, hakim sangat dipengaruhi pada fakta dan kondisi yang ada. Dalam common law system, hakim dipengaruhi oleh putusan hakim terdahulu sedangkan dalam civil law system tidak berlaku demikian. Namun di beberapa negara yang menerapkan civil law system, putusan pengadilan juga tetap dipengaruhi oleh fakta dan kasus terdahulu meskipun rujukan utama yang digunakan hakim adalah peraturan perundang-undangan.

  Ketika diskusi telah selesai, Prof. Anita menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prof. Jurgen dan berharap bahwa akan ada kolaborasi selanjutnya terlebih pada Program Kelas Internasional Semester Gasal Tahun Ajaran 2024/2025. 

  • Image

    Tim Multimedia Fakultas Hukum


    Student Staff Multimedia & Alih Bahasa Fakultas Hukum UAJY

Berita Terbaru

Lowongan Pekerjaan

Fakultas Hukum - Universitas Atma Jaya Yogyakarta
UPT - Fakultas Hukum 2024