Berita Fakultas

Bangun Sinergi, FH UAJY Inisiasi Kerja Sama dengan Kanwil Kemenkumham DIY Image

Bangun Sinergi, FH UAJY Inisiasi Kerja Sama dengan Kanwil Kemenkumham DIY

Sebagai bentuk dukungan kepada dunia pendidikan khususnya pendidikan di perguruan tinggi, Fakultas Hukum UAJY menginisiasi kerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY (Kanwil Kemenkumham DIY). Inisiasi kerja sama tersebut diawali dengan dilaksanakannya pertemuan antara Kanwil Kemenkumhan DIY dengan Fakultas Hukum UAJY pada 4 Oktober 2023 lalu. Pertemuan tersebut dihadiri oleh tiga Perwakilan dari Kanwil Kemenkumham DIY dengan Dekanat, Kaprodi S1, Kapordi S2, Kepala Laboratorium Hukum, Kepala PBKH FH UAJY dan Kepala Perpustakaan UAJY.

Kerja sama ini mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Adapun bentuk implementasi yang menjadi fokus utama yakni kegiatan pengenalan profesi pada mata kuliah kemahiran hukum. Melalui kegiatan ini mahasiswa akan dikenalkan mengenai tugas dan kewenangan jabatan-jabatan fungsional di Kemenkumham.  Di samping itu,  kerja sama akan diterapkan pada  pelaksanaan Kuliah Praktisi Mengajar pada mata kuliah lain. Lebih lanjut, kerja sama ini dapat mendorong terakreditasnya Pusat Bantuan dan Konsultasi Hukum Fakultas Hukum UAJY.

Kolaborasi ini pun dapat mendukung pengembangan bagi Kanwil Kemenkumham DIY maupun mahasiswa Fakultas Hukum UAJY.  Mahasiwa diberikan kesempatan untuk melakukan magang di Kanwil Kemenkumham DIY. Dengan program magang, mahasiswa memperoleh akan pengalaman kerja dan turut terlibat dalam pelaksanaan kegiatan Kemenkumham DIY.

Rencana kolaborasi ini diterima dengan baik oleh Fakultas Hukum UAJY maupun Kanwil Kemenkumham DIY. Melalui kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selanjutnya kedua belah pihak akan menindaklanjuti kerja sama dimaksud dengan Nota Kesepahaman.

  • Image

    Yolanda Simbolon, S.H., M.H.


    Dosen

Berita Terbaru

Lowongan Pekerjaan

Fakultas Hukum - Universitas Atma Jaya Yogyakarta
UPT - Fakultas Hukum 2024