VISIT STUDY FH UAJY KE BANGKOK


VISIT STUDY FH UAJY KE BANGKOK

Visit study merupakan program kegiatan dalam setiap semester yang diadakan oleh Fakultas Hukum Atma Jaya Yogyakarta. Ada yang berbeda dengan visit study kali ini yaitu lokasinya. Visit study kali ini Mahasiswa Fakultas Hukum Atma Jaya Yogyakarta berkesempatan untuk mengunjungi negara Thailand. Lebih tepatnya mengunjungi 2 kota yang ada di Thailand yaitu Bangkok dan Pattaya. Visit study ke Thailand ini berlangsung dari tanggal 11 November 2019 hingga 15 November 2019.

Perjalanan dimulai pada tanggal 11 November 2019, melalui Bandara Juanda Surabaya, lalu transit di Brunei Darussalam dan setelah itu rombongan mendarat di Bandara Suvarnabhumi Bangkok. Sesampainya di Bangkok, rombongan melanjutkan perjalanan darat dengan bis menuju ke Pattaya, untuk melakukan kunjungan industri kebeberapa perusahaan yang terkenal di Thailand, yaitu perusahaan Honey Bee, Erawadee, dan Gems Gallery. Di Bangkok rombongan akan mengunjungi Assumption University dan Kantor Kedutaan Besar Indonesia di Bangkok, juga beberapa wisata di Bangkok.

Honey Bee

Honey Bee merupakan perusahaan yang mengolah madu menjadi beberapa produk, milik Pemerintah Thailand. Perusahaan Honey Bee bekerjasama dengan petani bunga, yang letaknya sedikit jauh dari perusahaan Honey Bee. Dari perusahaan Honey Bee ini rombongan belajar mengenai kontrak kerjasama antara pemerintah dengan swasta dalam hal ini adalah petani bunga, tentang pembagian hasil, dsb.

Erawadee

Erawadee adalah perusahaan milik keluarga kerajaan Thailand. Erawadee adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang obat herbal. Disini rombongan melihat perbedaan dari cara pengolahannya tanaman herbal dibandingkan dengan yang ada di Indonesia.  Tanaman herbal tersebut diolah menjadi produk yang lebih modern, tidak hanya diminum tetapi juga ada yang berbentuk salep, spray, dll. Masalah yang ada di Indonesia, yaitu inovasi. Penulis yakin, jika kita terus berinovasi maka kita juga bisa seperti Erawadee.

Assumption University

Kemudian di hari berikutnya yakni 13 November 2019, rombongan berkunjung ke Assumption University. Di Assumption University, Ibu Dekan FH UAJY juga berkesempatan untuk memberikan sambutan yang menyampaikan maksud dari kunjungan hari itu yaitu untuk mempelajari dan mengetahui tentang strategi dan langkah-langkah yang dapat dilakukan guna mewujudkan International College dan menjalin kerjasama antara Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya dengan Assumption University di masa mendatang.

KBRI Bangkok

Perjalanan dilanjutkan menuju KBRI Bangkok, rombongan disambut oleh atase pendidikan, Prof.Mustari. Sambutan diawali dengan Ibu Dekan FH UAJY yang kembali menyampaikan maksud kedatangan rombongan ke Thailand dan juga memohon saran serta petunjuk mewujudkan Universitas Atma Jaya Yogyakarta khususnya Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta menjadi kampus internasional. Setelah itu Prof. Mustari menyampaikan sambutan dan menjelaskan beberapa hal berkaitan dengan yang Ibu Dekan sampaikan. Namun tidak hanyasebatas itu, perbincangan menjadi seru ketika mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi dari percakapan sebelumnya. Saya pun diberikan kesempatan bertanya kepada Prof. Mustari tentang wisata budaya yang ada di Indonesia.

Beliau menyampaikan beberapa faktor yang perlu diperbaiki di Indonesia. Yang pertama adalah  faktor akses, kemudahan transportasi dari daerah wisata satu ke yang lainnya itu sangat penting. Yang kedua ada faktor publikasi yang sangat cepat atau mudah tersebar, hal ini yang terkadang membuat kekhawatiran berlebih pada wisatawan yang mengakibatkan ketidak nyamanan. Faktor yang ketiga adalah komunikasi, di tempat-tempat wisata Indonesia masih terkendala oleh bahasa. Ini yang membuat turis-turis sulit untuk berkomunikasi. Ini menjadi permasalahan yang harus dibenahi agar wisata budaya Indonesia dapat berkembang maju dan lebih baik.

Tujuan dilaksanakannya visit study ini adalah dalam rangka memperkenalkan Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta di dunia internasional, diantaranya dengan menjalin hubungan kerjasama dengan beberapa Universitas di luar negeri. Selain itu juga membentuk mahasiswa FH UAJY untuk dapat memiliki pengalaman baru serta menambah wawasan dengan study yang di implementasikan secara nyata di lapangan. Banyak hal yang didapatkan selama visit study di Thailand diantaranya dari kunjungan industri, studi banding dengan salah satu universitas internasional yang ada di Thailand, berkunjung ke kantor kedutaan besar Indonesia, sampai ke tempat wisata. Semuanya kegiatan itu memberikan kesan dan pengalaman baru bagi mahasiswa. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali dan tujuan memperkenalkan FH UAJY dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta menjadi kampus Internasional dapat terwujud. Viva UAJY… Yes… Yes… Yes!

 

Yohana Elisia