PELUNCURAN BUKU DAN WEBINAR: PERJANJIAN BAKU MASALAH DAN SOLUSI


PELUNCURAN BUKU DAN WEBINAR: PERJANJIAN BAKU MASALAH DAN SOLUSI

“SESI 1: PRAKTIK BISNIS BERTANGGUNG JAWAB”

Ayo ikut dan bergabung dalam dsikusi terkait peran pelaku usaha untuk dapat memastikan penggunaan perjanjian baku agar sesuai dengan hak konsumen. Gratis!

Pada hari Selasa, 9 Februari 2021 telah dilaksanakan kegiatan “Peluncuran Buku Online dan Webinar: Perjanjian Baku Masalah dan Solusi” oleh pihak Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH dengan Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta sebagai host. Kegiatan peluncuran buku online dan webinar ini mengupas mengenai perubahan yang diperlukan dalam kerangka hukum dan lembaga di Indonesia dalam menangani masalah-masalah terkait perjanjian baku. Hal ini merupakan tanggapan atas problematika bahwa sebagai negara dengan penduduk terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki pengalaman, kapasitas serta sumber daya yang terbatas untuk melakukan pengawasan yang efektif untuk memastikan penerapan perjanjian baku yang adil. Lembaga-lembaga perlindungan konsumen mengalami kesulitan untuk melakukan evaluasi secara proaktif, dan isu ini masih jarang dibahas dalam pelatihan maupun upaya sosialisasi yang dilakukan Kementerian Perdagangan, BPKN, LPKSM ataupun BPSK.

Selain itu, belum jelasnya standar kompetensi dasar untuk menjalani mandat tersebut, serta kurangnya dana operasional, BPSK dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah tidak mampu secara efektif memenuhi tanggung jawabnya untuk membimbing konsumen maupun melakukan mediasi dengan pelaku usaha. Pelatihan yang saat ini diselenggarakan per tahun oleh Kementerian Perdagangan hanya mencakup pemahaman dasar mengenai hukum perlindungan konsumen di Indonesia, serta prosedur-prosedur untuk menyelesaikan gugatan sederhana antara konsumen dan pelaku usaha. Atas dasar itu Proyek ASEAN-Jerman PROTECT telah terlibat dalam diskusi mengenai perjanjian baku dan mengembangkan artikel singkat mengenai topik tersebut. Namun, penelitian yang lebih komprehensif dibutuhkan untuk meningkatkan kesadaran berbagai pemangku kepentingan terkait, terutama dalam konteks penerapan perjanjian baku di Indonesia. Untuk itu, dibutuhkan buku yang dapat mengkompilasi prinsip-prinsip dasar perjanjian baku dan penerapannya sesuai hukum perdata serta perlindungan konsumen di Indonesia. Buku ini diharapkan akan mendukung lembagalembaga terkait dalam penegakan hukum yang lebih efektif dalam isu perjanjian baku di Indonesia, serta memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai topik ini pada komunitas pelaku usaha, asosiasi konsumen serta pihak-pihak lain yang berminat.

Kegiatan “Peluncuran Buku Online dan Webinar: Perjanjian Baku Masalah dan Solusi ini dilaksanakan dengan Tema: Praktik Bisnis yang Bertanggung Jawab yang dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta yakni Dr. Y. Sari Murti Widiyastuti, S.H., M.Hum. beserta Sita Zimpel selaku Principle Advisor dari Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH. Sebagai pembicara dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Johannes Gunawan, S.H., LL.M yang merupakan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan dan Penulis Buku; Prof. Dr. phil. Budiono Kusumohamidjojo, S.H selaku Of-Counsel NKN Legal dan Anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI); dan Samuel Siahaan selaku Wakil Ketua Kompetisi Keamanan Perdagangan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) serta di moderatori oleh Prof. Dr. Bernadette Waluyo, S.H., M.H., C.N. selaku Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan dan juga Penulis Buku ini. Sementara itu di kesempatan berbeda di hari Kamis, 11 Februari Kontributor lainnya dalam penulisan Buku ini yakni Dr. David Tobing (Perintis dan Ketua Komunitas Konsumen Indonesia/KKI), Dr. Megawati Simanjuntak (Anggota BPKN dan Dosen Fakultas Ekologi Manusia IPB), dan Dr. Johanes Widijantoro, S.H., M.Hum (Dosen Fakultas Hukum Universiatas Atma Jaya Jogjakarta) memberikan pemaparan mengenai Perjanjian Baku Barang dan Jasa.

Link e-book: http://bit.ly/e-bookperjanjianbaku

Materi Pembicara: http://bit.ly/materipembicaraPB