KUNJUNGAN KEDUTAAN BESAR KERAJAAN BELANDA DI UAJY


Kunjungan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia di Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Kamis, 23 Januari 2020

       Pada hari Selasa tanggal 21 Januari 2020, Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta menerima kedatangan perwakilan dari Kedutaan Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia yang diwakili oleh Kepala Bidang Politik, Professor. Dr. Roel van der Veen yang merupakan Professor of International Relation dari University of Amsterdam dalam bidang Scientifical Mathematic dan juga merupakan Kepala Bidang Politik Kedutaan Besar Kerajaan Besar Belanda untuk Indonesia. Beliau memberikan kuliah umum mengenai hubungan baik antara Kerajaan Belanda dan Republik Indonesia dalam hal ekonomi, budaya dan pendidikan yang menjadi fokus kerjasama bilateral negara tersebut di masa depan. Diskusi teresebut dihadiri oleh civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang diwakili oleh Pihak Dekanat yang dibuka dengan sambutan dari Ibu Dr. Y. Sari Murti Widiyastuti,. S.H., M. Hum. Selaku Dekan Fakultas Hukum, Para Dosen dan perwakilian mahasiswa yang tergabung dalam BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dan AILS (Atma Jaya International Law Society).

Prof. Dr. Roel van der Veen (batik biru) bersama dengan Dekan FH UAJY Dr. Y. Sari Murti Widiyastuti S.H., M.Hum (batik hijau) dan Perwakilan rekan-rekan Mahasiswa (BEM & AILS)

        Hubungan baik yang terjalin antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Kerajaan Besar Belanda ini sudah dimulai sejak tahun 1595 dari masa VOC masuk ke Indonesia hingga tahun 1949 dimana pada akhirnya Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan penuh pemerintahan Indonesia sebagai suatu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka. Selain itu juga secara khusus hubungan baik ini juga terjalin dikarenakan adanya orang-orang Indonesia yang tinggal dan berdomisili di wilayah Kerajaan Besar Belanda sehingga terjadi akulturasi budaya Indonesia di Kerajaan Besar Belanda. Poin penting dari pertemuan ini adalah menjalin kerjasama di bidang ekonomi, budaya dan akademik yang khususnya dalam bidang hukum yang dalam hal ini Kedutaan Besar Kerajaan Belanda menjalin dukungan dengan pihak Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta sebagai salah satu universitas swasta yang ada di Indonesia.

Prof. Dr. Roel van der Veen (batik biru) bersama dengan Dekan FH UAJY Dr. Y. Sari Murti Widiyastuti S.H., M.Hum (batik hijau) dan Dekanat serta Perwakilan Dosen FH UAJY

       Dukungan ini membuka peluang adanya kerjasama antara Universitas-Universitas yang ada di Indonesia dengan Pemerintah Kerajaan Belanda agar dapat menciptakan situasi akademik yang bermutu dan berkualitas sehingga dapat bersaing dengan Pendidikan yang memiliki standar Internasional. Hal ini juga menjadi suatu perhatian utama Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya yang terus berinovasi dalam perkembangan bidang hukum. Dengan adanya diskusi ini, Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta memiliki tolak ukur dan semangat dalam mendukung perkembangan hukum di Indonesia. Khususnya dalam menghadapi perkembangan hukum dan pendidikan yang semakin cepat dan dinamis pada era revolusi digital 4.0. Fenomena perkembangan hukum dalam mengahadapi era digital, salah satunya ialah pada bidang Counter Terrorism yang merupakan isu di setiap negara, dalam hal ini kerjasama antara Kedutaan Besar Kerajaan Belanda dan Indonesia melalui pihak Kepolisian dan Imigrasi Indonesia dan Kerajaan Belanda. Dengan demikian, kerja sama ini diharapkan saling mendukung program kerja antara kedua negara.

Sleman, 23 Januari 2020

Gabriel Hayuno Esmahendra

Valencia Euaggelion Tomboelu