GURU BESAR UNIVERSITAS MUNCHEN BERI KULIAH UMUM DI FH ATMA JOGJA


Guru Besar Universitas Munchen, Jerman Prof. Stefan Koos,Ph.D.  menyambangi Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada Jumat (9/11). Dalam kunjungannya ke Fakultas Hukum Atma Jogja, Prof. Koos juga sekaligus memberikan kuliah umum yang bertajuk perlindungan konsumen dan persaingan usaha dalam dunia bisnis. Kuliah umum ini berlangsung di Ruang Akreditasi Kampus Hukum Mrican, Yogyakarta, diikuti oleh sebagian dosen serta mahasiswa.

Prof. Koos memberikan materi mengenai arti penting keberadaan regulasi tentang perlindungan konsumen serta persaingan usaha di pasar bisnis. Ia mengatakan bahwa di dalam masyarakat luas saat ini terpenting adalah bagaimana cara mengajari serta memberi pengetahuan atau edukasi kepada masyarakat umum karena semakin berkembangnya zaman, persaingan usaha juga akan mengalami perkembangan juga. “ Produk yang baik akan menjadi pemenangnya, maka dengan itu usaha (pengusaha,red) akan berebut untuk menjadi (produk,red) yang terbaik”, ujar Profesor asal Jerman ini.

Selain itu, Koos juga menyoroti persaingan usaha serta perlindungan konsumen yang berada di Indonesia. Menurutnya proses yang diselenggarakan di wilayah Indonesia saat ini masih mengalam carut-marut. “ Klaim di Indonesia membutuhkan proses yang sangat panjang, waktu yang sangat banyak serta biaya yang tak murah lagi”, jelasnya dihadapan mahasiswa dan para dosen. Terakhir ia juga menyampaikan persaingan dan perlindungan ini (usaha,red) bukan hanya menekankan pada usaha yang besar tetapi juga mikrobisnis atau UMKM yang ada di Indonesia.

Dekan FH Atma Jogja, Dr. Y. Sari Murti Widiyastuti yang juga hadir dalam kuliah umum ini mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas berbagai pengalaman dan ilmu yang diberikan langsung oleh akademisi sekaligus guru besar Jerman ini. Berharap kedepannya, agar diskusi serta kuliah ini terus berlanjut dan mampu memberi pengetahuan lebih baik kepada dosen-dosen maupun mahasiswa FH Atma Jogja.

Penulis : I Made W Kusuma

Foto : I Made W Kusuma