unggul, inklusif dan humanis

serviens in lumine veritatis

bukan ilmu semata

SEMINAR REGIONAL MENGENANG SOSOK DAN PEMIKIRAN PROF. DR. SUDIKNO MERTOKUSUMO, SH.

Dalam rangka memperingati 100 hari Prof. Dr. Sudikno Mertokusumo, SH. Wafat dan untuk mengenang jasa beliau, Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta ( UAJY) menggelar Seminar regional dengan tema “ Sosok dan Pemikiran Prof. Dr. Sudikno Mertokusumo, SH. dalam Pengembangan Hukum di Indonesia.”

Seminar dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2012 di Ruang Konferensi Lantai III Gedung Alfonsus UAJY Jl. Mrican Baru No. 28 Yogyakarta.  Seminar dibuka dengan launching buku “Teori Hukum” yang merupakan karya terakhir Prof. Dr. Sudikno Mertokusumo, SH. yang sempat dipublikasikan.  Launching buku ditandai dengan penyerahan secara simbolis buku “Teori Hukum” edisi revisi dari penerbit UAJY kepada wakil keluarga yang diwakili oleh Prof. Dr. Antariksa Sudikno, M. Eng., Ph. D. yang juga merupakan putra dari Prof. Dr. Sudikno Mertokusumo, SH. untuk selanjutnya buku diserahkan kepada Dekan FH.

Seminar menghadirkan pembicara Prof. Dr. Nidyo Pramono, SH., MS. (FH UGM), Prof. Dr. Felix Oentoeng Soebagjo, SH. (Praktisi Hukum-jakarta), Prof. Dr. Veronika Komalawati, SH. (FH-UNPAD), Dr. Surach Winarni, SH. (Bank Mandiri-Yogyakarta), Dr. Y. Sari Murti Widiyastuti, SH., M.Hum. (Dekan FH UAJY) dan Dr. C. Kastowo, SH., MH. (Pengajar Hukum Perdata FH UAJY) yang semuanya merupakan murid dari Prof. Dr. Sudikno Mertokusumo, SH.  Menurut Prof. Dr. Nidyo Pramono, SH., MS. “ Buku karya prof. Sudikno tentang Penemuan Hukum sangat membantu bagi kemajuan hukum di Indonesia. Pemikiran beliau yang begitu hebat dituangkan dalam bukunya sehingga masyarakat memperoleh ilmunya dengan cuma-cuma”, bagi Dr. C. Kastowo, SH., MH. Pembicara yang lain mengungkapkan bahwa Prof. Dr. Sudikno Mertokusumo, SH. adalah sosok ahli hukum yang sangat layak untuk diteladani. Kematangan pengetahuan dan keilmuannya terbangun dari perjalanannya sebagai hakim dan selanjutnya menjadi dosen. Beliau selalu mengkombinasikan praktik dan teori yang harus selaras selaras. Di dunia praktik beliau pernah menjadi hakim dan ketua pengadilan, sedangkan di dunia akademik beliau mendapatkan gelar doktor dan guru besar. Sedangkan beberapa pembicara lain mengungkapkan hal yang senada yaitu bahwa Prof. Dr. Sudikno Mertokusumo, SH. merupakan sosok yang patut dicontoh kepribadiannya, dosen yang selalu mengayomi mahasiswanya, sangat berwibawa, penampilannya selalu rapi, komitmen dan disiplin.